Cara Gampang Jadi Penulis dengan Menetapkan Goal Menerbitkan Buku

Ternyata untuk menjadi penulis buku itu ada trik jitunya, bagaimana caranya? Buatlah Goal Menerbitkan Buku sedari awal.

Tahun 2005, saat belum mulai belajar menulis secara otodidak, entah mengapa setelah melihat penulis-penulis best seller hati saya tergerak untuk mempunyai buku (menerbitkan buku).

Jadi sedari awal saya memang mempunya goal (tujuan) untuk menerbitkan buku.

Seiring berjalannya waktu, terkadang semangat itu kendor, belajar agak kurang, berlatih pun durasinya makin tergerus.

Apalagi ditambah beban hidup anak kos, yang tidak bisa menghasilkan uang dari tulisan.

***

Tapi GOAL yang saya buat sedari awal membantu saya melewati semua tantangan yang ada.

Jadi ketika malas saya ingat goal saya, menerbitkan buku.

Saat naskah ditolak editor, saya tetap ingat goal terbesar saya yaitu menerbitkan buku.

Saya sudah membahas GOAL ini di bab awal Apu Indragiry’s 101 Creative Writing Notes.

Buku ini sebagai pendamping untuk buku Revolusi Menulis.

Goal (tujuan) bisa terbantu dengan menggunakan rumus 5W1H

What: (goal): Menerbitkan Buku

Why: Berbagi inspirasi, mendapatkan penghasilan, mengabadikan amal

How: bekerja keras, berlatih keras, punya target kapan buku terbit.

****

Begitulah, apa pun itu, Anda butuh goal untuk meraih sesuatu. Tanpa goal yang jelas, tentu saja sulit untuk meraih cita-cita menerbitkan buku.

Leave a Reply

